Minggu, 17 November 2013

Tanaman Penyembuh WASIR



DAUN HANDEULEUM

Tanaman handeuleum ini bisa mencapai tinggi 1,5 sampai 3 meter. Daunnya berwarna ungu dan bergelombang di bagian pinggirnya. Bunga handeuleum berwarna merah tua berupa bulir-bulir.

Manfaat dan Khasiat Hendeuleum atau Daun Wungu

Handeuleum mengandung lendir yang bermanfaat untuk melunakkan kotoran sehingga bisa untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain itu juga mengandung zat tanin, alkaloid, sitosterol glikosida. Handeuleum (daun ungu) ini juga bersifat mendinginkan.

Untuk mengobati Reumatik (encok), ambil segenggam daun handeuleum dan di cuci. Kemudian ditumbuk dan oleskan pada bagian tubuh yang kena encok.

Cara pengobatan: Wasir: 10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas. Memar: kulit batang dibersihkan lalu ditumbuk halus kemudian dibalurkan dan dibalut dengan perban pada daerah yang memar. Ganti 2 kali sehari. Sembelit: cuci 7 lembar daun lalu rebus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. 


SUMBER 


manfaat lainnya:

  1. Sembelit
    • Rebus 7 helai daun handeuleum dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah.Minum sekaligus pada pagi hari.
  2. Ambeien
    • 15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.
  3. Bisul
    • Beberapa helai daun hendeuleum dicuci lalu ditumbuk halus. Oleskan pada bisul.
  4. Demam karena perut kotor
    • 7 helai dau hendeuleum, 5 iris temulawak direbus dengan segelas air. Saring. Minum 1x sehari.
  5. Batu Empedu
    • 7 helai daun handeuleum, beberapa helai daun urat direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  6. Melancarkan haid
    • Segenggam bunga dan handeuleum yang sudah dikeringkan, direbus dengan 4 gelas air. Minum seperti kita minum teh 3x sehari.
    • Catatan : Sebaiknya diminum menjelang haid
  7. Bengkak karena terpukul
    • Kulit batang handeuleum ditumbuk halus lalu letakkan dibagian yang bengkak.
  8. Rematik
    • Segenggam daun handeuleum dicuci lalu ditumbuk. oleskan pada bagian yang sakit.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar